JUAL ALAT PERAGA FISIKA DARI BARANG BEKAS

Mencari alat peraga fisika, alat peraga fisika dari barang bekas yang berkualitas dan berpengalaman? Pelayanan baik dan penawaran harga murah. KLIK DISINI!

Saat ini untuk mencari alat peraga fisika, alat peraga fisika dari barang bekas sudah bukan hal yang sulit lagi dilakukan saat ini. Apalagi perkembangan teknologi saat ini sudah sangat pesat sehingga apa yang anda butuhkan dapat terpenuhi dengan baik. Selain itu banyak orang lebih tertarik untuk mencari info mengenai alat peraga fisika ini di internet. Alasannya sudah jelas, karena memang kemudahan akses dan juga mudah untuk menggunakannya. Meskipun anda tidak memiliki referensi sama sekali mengenai alat peraga fisika dari barang bekas ini, anda bisa tetap cari di Internet. Karena memang di internet ini ada ribuan informasi mengenai jasa jual alat peraga ini yang datang dari seluruh Indonesia. Jadi anda pun bisa memilih sendiri tempat jual alat peraga tersebut dan disesuaikan dengan tempat tinggal anda.  IPA khususnya untuk mata pelajaran fisika, merupakan salah satu mata pelajaran yang membutuhkan banyak percobaan. Bahkan hampir bisa dikatakan apapun mata pelajaran IPA selalu ada percobaan. Maka dari itu alat peraga sangat dibutuhkan dalam mata pelajaran yang satu ini. Ketika anda sedang belajar fisika tentu akan diperkenalkan dengan beragam jenis alat peraga IPA. Dimana alat peraga ini memang berguna untuk mempermudah kita untuk memahami suatu hukum fisika dan materi pelajaran ini secara lebih mendalam.

Contoh Alat Peraga Fisika Dari Barang Bekas

Memang tidak di pungkiri jika alat peraga fisika yang ada di sekolah sangatlah beragam.  Misalnya saja seperti kincir air, pompa hidrolik, resonansi bunyi dan masih banyak lagi yang lain. Memahami pelajaran fisika dipercaya bisa membantu kita dan siswa untuk lebih memahami ilmu pengetahuan. Bahkan dalam dunia teknologi seperti teknologi industri, ilmu kedokteran, kimia, teknologi manucfacture, dll. Dengan mempelajari pelajaran fisika, memang kita dituntut lebih obyektif, ulet, bekerja sama dan jujur. Apalagi dengan sering diadakan percobaan ini, kita akan mengerti apa pentingnya kerja sama. Terutama ketika sedang menggunakan alat peraga fisika maupun membangun suatu alat peraga fisika dari barang bekas bersama rekan dan kelompok anda.  Untuk belajar dalam membangun alat peraga secara mandiri juga menjadi salah satu keterampilan yang diperlukan. Terutama bagi para guru – guru IPA yang ada di sekolah – sekolah terpelosok. Biasanya sekolah ini sangat mini dengan fasilitas laboratorium yang layak, maka mereka sering membuat alat peraga fisika dari barang bekas.  Keahlian dalam membuat alat peraga ternyata cukup bermanfaat karena bisa suatu saat nanti, dapat digunakan sebagai ladang bisnis yang cukup potensial. Jika kita dan anak didik kita memang berminat untuk menguasai keterampilan membuat alat peraga fisika untuk pelajaran fisika.

Tentu saja mereka akan lebih cepat mudah untuk memahami mata pelajaran tersebut. Karena mereka melihat dan langsung mempraktekkannya. Dengan begitu materi pelajaran yang anda ajarkan dapat dengan mudah diserap. Apalagi alat peraga fisika dari barang bekas yang dibuat menarik dan tidak membuat anak – anak bosan. Kalau anak – anak senang sudah pasti sangat mudah mereka ingat. Ada banyak alat peraga fisika yang bisa kita jumpai dalam kehidupan sehari – hari. Bahkan tanpa sadar, jika benda – benda yang kita gunakan untuk berbagai aktivitas ini, juga hasil dari alat peraga yang kita buat. Berikut ini adalah contoh – contoh alat peraga fisika dari barang bekas yang sering dipelajari dalam mata pelajaran fisika;

  1. Contoh alat peraga fisika kincir air sederhana

Alat peraga fisika dari barang bekas untuk fisika ini adalah kincir air sederhana. Kincir air sederhana ini merupakan contoh alat peraga fisika yang dapat digunakan untuk menjelaskan teori energi gerak. Pemanfaatan energi air dari gerakan kincir air biasanya diterapkan di air terjun atau aliran air sungai. Kincir air sederhana ini nantinya akan berputar pada sumbunya dengan memanfaatkan dorongan aliran air yang cukup kuat. Kincir air tidak hanya bergerak memutar saja, tetapi juga sekaligus mengambil air dan menumpahkannya ke penampungan air. Yang ada di bagian atasnya secara terus menerus. Kita dan anak didik kita perlu menyiapkan peralatan seperti berikut;

  • Persiapkan sendok plastik
  • Sandal bekas
  • Tusuk sate
  • Botol bekas air mineral
  • Cutter
  • Gunting
  • Lem tahan air
  • Penggaris

Setelah anda sudah mempersiapkan beberapa peralatan untuk membuat alat peraga fisika ini. Maka berikut ini ada beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk membuat alat peraga fisika dari barang bekas tersebut diantaranya;

  1. Pertama, hal yang harus anda lakukan adalah memotong karet sandal bekas menjadi berbentuk segi enam beraturan menggunakan cutter. Kemudian anda iris tipis/ karet di bagian titik sudutnya sebagai tempat menyisipkan kincir.
  2. Cara kedua, untuk bikin alat peraga fisika ini adalah potong gagang sendok plastik sekitar 1/3 dari panjang sendok tersebut.
  3. Cara ketiga, untuk membuat alat peraga fisika dari barang bekas ini anda bisa ambil tusuk sate dan tusukan ke bagian tengah potongan sendal sebagai poros kincir. Kemudian lubangi botol plastik agar bisa memasukan tangkai sedotan yang berfungsi sebagai penyangga kincir. Hal ini penting agar bisa memasukan ke dalam botol plastik, potong tangkai sedotan hingga kurang lebih 15 cm.
  4. Jangan luap rekatkan botol plastik dan triplek dengan menggunakan lem agar kincir bisa berdiri lebih stabil. Sisipkan potongan sendok pada bagian ujung sandal yang sudah diiris tadi dan rekatkan dengan lem. Sehingga kincir air sederhana pun sudah jadi.
  5. Pada alat peraga fisika yang sudah dibuat ini kita perlu menambahkan perangkat lain seperti dinamo. Jika ingin menggunakan kincir untuk mengubah energi gerak menjadi arus listrik.

Dalam praktiknya, prinsip untuk membuat alat peraga yang satu ini banyak digunakan untuk menghasilkan energi listrik. Dimana sudah banyak dipakai oleh PLTA.

  1. Contoh alat peraga fisika dari barang bekas adalah pompa hidrolik

Nah, alat peraga ipa ini sangat mudah untuk dibuat dan terbilang menjadi alat peraga yang sederhana. Miniatur pompa hidrolik sederhana ini bisa digunakan untuk memahami penyebaran tekanan zat cair dan penerapan hukum pascal. Untuk membuatnya pun kita dan anak didik kita tidak perlu mencari peralatan yang mahal. Cukup menyiapkan 2 alat suntik dengan diameter yang berbeda besar dan kecil. Selang berukuran kecil, air, perekat dan papan. Langkah untuk membuat alat peraga fisika ini yakni dengan menghubungkan kedua ujung suntikan dengan menggunakan selang. Lalu isi suntikan yang besar dengan air sekitar 1/3 dari kapasitas suntikan. Kemudian rekatkan kedua suntikan ke permukaan papan dalam keadaan vertikal dan sama tinggi. Untuk menguji hukum pascal, kita dan anak didik kita bisa mendorong suntikan besar kemudian bergantian mendorong suntikan kecil. Perhatikan apa yang terjadi dan bandingkan perbedaan dari kedua dorongan tersebut.

Namun jika anda tidak ingin ribet membuat alat peraga fisika tersebut. Anda dapat membeli alat peraga tersebut di alatparagapembelajaran.com. Kami adalah layanan jual alat peraga yang sudah berpengalaman dan profesional. Dimana kami menjual alat peraga dengan berbagai macam model untuk semua mata pelajaran. Mulai dari sekolah PAUD, SD, SMP, SMA, dll. Dengan harga jual alat peraga yang terjangkau.  Berminat menggunakan alat peraga fisika kami, segera hubungi marketing alatperagapembelajaran.com.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *