ALAT PERAGA ALJABAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Mencari alat peraga aljabar matematika, alat peraga dalam pembelajaran matematika, alat peraga matematika yang terjangkau dan berkualitas. KLIK DISINI!

Alat peraga aljabar matematika, alat peraga dalam pembelajaran matematika, alat peraga matematika. Sekarang ini sudah sangat mudah untuk ditemukan di berbagai tempat. Hampir di seluruh Indonesia kita bisa menemukan tempat jual alat peraga yang satu ini. Apalagi kita bisa melakukan pembelian alat peraga aljabar matematika baik secara langsung maupun online. Hal ini tentu saja tidak terlepas dari permintaan akan alat peraga dalam pembelajaran matematika yang cukup tinggi di pasaran. Matematika merupakan suatu ilmu yang pasti semua orang temui ketika mereka duduk di bangku SD, SMP, hingga SMA. Kalau masalah perguruan tinggi tergantung jurusan yang diambil masing – masing. Nah, jadi mau tidak mau kita harus mempelajari materi dalam matematika itu. Sedangkan kali ini kita akan membahas soal Aljabar. Apa itu aljabar? Aljabar adalah salah satu cabang matematika yang mempelajari soal penyederhanaan serta pemecahan masalah. Baik menggunakan simbol yang menjadi pengganti konstanta atau variabel. Alat peraga matematika adalah alat perhitungan matematika dengan berbagai macam bentuk perhitungan. Mulai dari penjumlahan, perkalian, pembagian dll. Masih banyak lagi bentuk – bentuk perhitungan matematika seperti perhitungan dengan berbagai rumus – rumus matematika.

Prinsip Umum Dalam Pemanfaatan Alat Peraga Aljabar Matematika

Alat peraga dalam pembelajaran matematika merupakan alat pendukung perhitungan matematika dimana kita dapat memperhitungkan dan perumusan matematika. Umumnya alat peraga matematika digunakan untuk memastikan apakah rumus matematika yang ada rumusannya atau tidak. Perhitungan matematika yang memiliki rumus seperti Pythagoras, pangkat akar, rumusan luar, sigma, diameter.  Keliling, desimal dan masih banyak lagi perhitungan serta perumusan matematika yang mungkin belum kita ketahui. Fungsi dari alat peraga aljabar matematika itu sendiri adalah membantu penyampaian materi pembelajaran matematika yang disampaikan oleh pengajar.  Terhadap murid – muridnya dengan metode belajar mempraktekkan perhitungan dan penyelarasan rumus – rumus matematika dengan kegiatan praktik yang dilakukan. Jadi alat peraga dalam pembelajaran matematika ini berperan sebagai pendukung proses belajar mengajar matematika menjadi lebih mudah. Tanpa harus memiliki mind set sulit ataupun membingungkan. Karena kebanyakan murid berkomentar bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit dimengerti dan membingungkan. Mereka mengungkapkan hal tersebut kemungkinan karena merasa jika dipaksa untuk memahami matematika yang mungkin agak sulit dimengerti. Berdasarkan perhitungan dengan rumusan matematika, sehingga mereka tidak menyukai pelajaran matematika. Untuk menanggulangi permasalahan murid yang tidak menyukai pelajaran matematika dapat kita minimalisir dengan menggunakan metode bermain dan belajar. Dengan menggunakan alat peraga matematika sebagai alat peraga pendukung suksesnya proses pembelajaran.

Dengan menggunakan metode ini murid menjadi lebih menikmati pelajaran dan juga dapat memahami pelajaran matematika yang disampaikan secara berkala. Sekarang untuk mencari alat peraga aljabar matematika ini sudah cukup mudah untuk didapatkan. Apalagi jika anda tidak memiliki referensi sama sekali, anda dapat memanfaatkan media internet untuk mendapatkannya. Di internet anda akan menemukan banyak sekali informasi mengenai alat peraga ini dari seluruh indonesia. Namun ada juga sumber lain yang bisa anda dapatkan dengan untuk mendapatkan info mengenai alat peraga ini salah satunya melalui majalah atau saran dari teman anda. Biasanya mereka bisa menyarankan tempat jual alat peraga yang berkualitas dan berpengalaman. Namun jika anda masih tetap memanfaatkan internet pastikan anda memilih secara selektif dan hati – hati. Dengan begitu anda akan mendapatkan hasil alat peraga yang memuaskan. Dibawah ini ada prinsip – prinsip mengenai pemanfaatan alat peraga dalam pembelajaran matematika diantaranya;

  1. Setiap jenis alat peraga memiliki kelebihan dan kekurangan

Tidak ada satu jenis alat peraga matematika yang cocok untuk semua segala macam proses belajar dan dapat mencapai semua tujuan belajar. Ibaratnya tidak ada satu jenis obat yang cocok dan manjur untuk segala jenis penyakit. Sehingga anda harus tahu apa kelebihan dan kekurangan dari alat peraga tersebut sebelum melakukan pemesanan.

 

  1. Penggunaan beberapa macam alat peraga aljabar matematika secara bervariasi

Seperti yang kita tahu penggunaan alat peraga secara bervariasi dalam mata pelajaran matematika memang perlu. Namun harap diingat, bahwa penggunaan alat peraga yang terlalu banyak sekaligus dalam kegiatan pembelajaran. Justru akan membuat siswa bingung dan tidak akan memperjelas pelajaran. Oleh karena itu, gunakan media seperlunya dan jangan berlebihan.

 

  1. Penggunaan alat peraga dalam pembelajaran matematika secara aktif

Dalam hal ini dimaksudkan lebih baik menggunakan media yang sederhana yang dapat mengaktifkan seluruh siswa. Daripada menggunakan media canggih namun justru membuat siswa kita terheran – heran pasif.

 

  1. Sebelum media digunakan harus direncanakan secara matang

Hal ini penting jika anda ingin menggunakan alat peraga matematika dalam proses pembelajaran. Dimana anda harus menentukan bagian materi mana saja yang akan kita sajikan dengan batuan media. Rencanakan bagaimana strategi dan teknik penggunaannya.

 

  1. Hindari penggunaan alat peraga yang hanya dimaksudkan sebagai selingan

Dalam hal ini dimaksudkan alat peraga hanya sekedar pengisi waktu kosong saja. Jika siswa sadar bahwa media digunakan hanya untuk mengisi waktu kosong. Maka kesan ini akan selalu muncul setiap kali guru menggunakan alat peraga. Penggunaan media yang sebarangan dan asal – asalan (daripada tidak dipakai). Akan membawa akibat negatif yang lebih buruk daripada tidak memakainya sama sekali.

 

  1. Harus senantiasa dilakukan sebuah persiapan sebelum menggunakan alat peraga

Membuat persiapan sebelum memulai pelajaran menggunakan alat peraga menjadi hal yang cukup penting. Apalagi jika kurang persiapan bukan saja membuat proses kegiatan belajar mengajar tidak efektif dan efisien. Tetapi justru mengganggu kelancaran proses pembelajaran. Hal ini terutama perlu diperhatikan ketika akan menggunakan media elektronik.

Dengan menggunakan beberapa prinsip ini dijamin anda dapat memulai pelajaran dengan sangat efisien dan optimal. Jika alat peraga yang anda pakai tidak sesuai dengan materi yang diberikan alhasil anak – naka tersebut bingung dan tidak bisa memahami materi yang diajarkan. Maka dari itu penyesuaian alat peraga ini penting dan tidak bisa diabaikan sama sekali.

Ciri – ciri alat peraga yang bagus

  1. Tahan lama

Alat peraga yang dibuat dari bahan – bahan yang cukup kuat da tidak mudah patah. Sehingga dapat bertahan dalam waktu yang cukup lama, sebaiknya alat peraga dibuat dari bahan – bahan yang kuat. Seperti kayu, kaleng, bambu dan lain – lain.

 

  1. Bentuk dan warnanya menarik

Dalam penggunaan warna dan pembentukan alat peraga aljabar matematika berpengaruh pada minat siswa dalam memperhatikan. Nah, penggunaan warna – warna cerah dan pembentukan alat peraga yang unik menambah kesan keindahan dalam alat peraga. Dengan warna yang menarik juga mampu menarik minat anak – anak untuk belajar.

 

  1. Sederhana dan mudah di kelola

Alat peraga dalam pembelajaran matematika dibuat dengan menggunakan prinsip efektif dan efisien. Dimana alat peraga ini dibuat agar siswa mudah untuk memahami. Seperti penggunaan botol bekas untuk menunjukkan bangun tabung.

Jika saat ini anda sedang mencari jasa jual alat peraga yang berpengalaman dan terpercaya. Tidak ada salahnya jika anda mempercayakan kepada alatperagapembelajaran.com. Kami adalah layanan penyedia alat peraga untuk semua mata pelajaran. Mulai dari PAUD, TK, SD, SMP, SMK, SMA dll. Untuk informasi lebih lengkap mengenai alat peraga matematika kami segera hubungi alatperagapembelajaran.com.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *